Rabu, 21 Januari 2015

INTERNET DAN INTRANET



Internet dan Intranet
A.    Internet
Internet berasal dari kata interconnected networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi atau tukar menukar data.
Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya.
Istilah 'INTERNET' berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti “antara”. Secara kata per kata 'INTERNET' berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, internet menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, entah yang digunakan sistem DOS atau sistem UNIX.
Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), internet mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan bahasa yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi internet.Dengan demikian, definisi internet ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.
B.    Intranet
Intranet adalah kumpulan jaringan komputer local yang menggunakan perangkat lunak internet dan protocol TCP/IP atau HTTP.
Oleh karena itu, jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang di miliki internet seperti email, file transfer protocol (FTP) dan yang lainya. Jaringan internet merupakan jaringan yang di miliki oleh sekelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat di akses oleh orang ain. Akan tetapi, intranet juga dapat terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan untuk pertukaran informasi dan data dengan  jaringan intranet lainya (internet working) melalui black bone internet.
Intranet mulai didengung-dengungkan pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasidalam bentuk web di dalam persahaan. Intranet merupakan jaringan kompuer dalam perusahaab yang mengunakan komunikasi data standard seperti dalm intranet. Artinya, semua fasilitas internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatuorganisasi atau komunikasi. Dalam perkembanganya, VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah intranet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan internet. Intranet sudah menjadi komponen penting dalam suatu perusahaan. Intranet akan berkembang sesuai dengan perkembangan perusahaan tersebut.
Kesimpulannya, intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan.akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi/karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, dan tidak dapat diakses oleh pihak luar sehingga cukup aman.
C.    Perbedaan Internet dan Intranet
Internet:
-Bersifat publik (untuk kepentingan umum)
-Pada umumnya digunakan oleh banyak orang
-Dapat diakses oleh siapa saja
-Informasi yang tersedia melimpah dan tak terbatas
-Merupakan kumpulan dari LAN, WAN, dan MAN
Intranet:
-Bersifat pribadi (untuk kepentingan organisasi)
-Pada umunya hanya digunakan dalam perusahaan
-Hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
-Informasi yang tersedia spesifik (untuk perusahaan)

-Umumnya merupakan jaringan LAN, WAN atau MAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar